Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Jangkauan

Terdapat 5 jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauannya yaitu:

1. LAN (Local Area Network)
Jaringan lokal atau Local Area adalah sekumpulan dua atau lebih komputer yang berada dalam batasan jarak lokasi satu dengan yang lain yang saling terhubung baik secara langsung maupun tidak langsung.


2. MAN (Wide Area Network)
Merupakan jaringan komputer dengan cakupan area yang lebih luas dari pada LAN. pada umumnya MAN mencakup area satu kota yang dapat berupa gabungan dari sejumlah LAN yang terpisah. MAN terhubung dengan jalur transmisi yang dinamakan backbone (jaringan utama sistem komunikasi).

3. WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network adalah jaringan yang terdiri dari sejumlah MAN yang mencakup wilayah antar kota, antar propinsi, antar negara dan bahkan antar benua untuk melakukan komunikasi data jarak jauh.

4. Internet
Sekumpulan jaringan yang tersebar di seluruh dunia yang saling terhubung membentuk satu jaringan komputer yang sangat besar. Pada awalnya internet adalah sebuah proyek dari Departemen Of Defence (DOD) Amerika, namun saat ini internet telah tumbuh menjadi media komunikasi global yang di pakai semua orang di muka bumi.

5. Intranet
Jaringan lokal yang memberikan layanan pada terminal clien-nya. Jaringan ini biasanya di pakai pada sebuah perusahaan untuk menghubungkan antar komputer yang satu dengan komputer yang lain. Sebuah intranet tidak selalu terhubung pada internet

0 Response to "Jenis Jaringan Komputer berdasarkan Jangkauan"

Post a Comment