Konsep TCP/IP

Konsep TCP/IP (Transmission Control Protokol/Internet Protocol). Tujuan utama dari pembuatan suatu jaringan adalah agar satu komputer dengan komputer lain dapat saling berkomunikasi. Hal ini tentu tidak lah mudah apabila jaringan itu terdiri atas banyak aplikasi dan sistem operasi yang berlainan platform. Hal ini sama dengan membayangkan banyak orang yang berbeda-beda bahasa tetapi memiliki kepentingan yang sama. Solusinya adalah untuk membuat standarisasi bahasa.

Hal ini sama pada dunia komputer, dengan semakin bergamnya aplikasi yang ada. Tentunya di perlukan suatu standar komunikasi antara satu komputer dengan komputer yang lain. Maka dari itu dibuatlah standarisasi komunikasi jaringan salah satunya TCP/IP.


TCP/IP tersusun atas empat layer:




1. Network Access Layer
adalah layer yang berhubungan dengan media (perangkat keras), layer ini menghubungkan perangkat keras pada komputer dengan perangkat lunaknya.
- LAN CARD untuk kabel UTP
- Modem untuk kabel telepon dan kabel FO (Fiber Optic)
- WNIC untuk kabel Wave LAN

2. Internet Layer
Layer ini menangani pengalamatan suatu host (komputer) kedalam satu jaringan, yang dilakukan dengan menggunakan pengalamatan IP (IP Address)

3. Transport Layer
Layer ini menangani pengalamatan suatu service (port) pada suatu host

4. Aplication Layer
Layer yang berhubungan langsung dengan aplikasi yang berjalan pada host


0 Response to "Konsep TCP/IP"

Post a Comment